'

Friday, 23 November 2018

Tempat Nongkrong di Purwokerto

Tempat Nongkrong di Purwokerto

Pada postingan kali ini, saya masih ingin membicarakan tentang Purwokerto. Setelah kemarin saya kasih tahu tempat kuliner wajib di Purwokerto, sekarang saya bakalan ngasih tahu tentang tempat nongkrong yang favorit dikalangan anak muda Purwokerto. Mungkin buat temen-temen yang pernah dateng ke Purwokerto atau mungkin sempat menetap sementara waktu di Purwokerto sudah akrab dengan tempat-tempat nongkong yang bakalan saya jelaskan setelah ini.

Purwokerto, kota kecil yang sedang sangat berkembang saat ini memiliki banyak sekali perubahan. Mulai dari semakin banyaknya pusat perbelanjaan, hotel, tempat makan, dan tidak ketinggalan juga tempat nongkrong. Semakin banyaknya tempat nongkrong menjadikan kawula muda Purwokerto memiliki banyak pilihan tempat untuk berkumpul bersama teman-temannya, baik untuk sekedar ketemu, ngobrol, belajar, atau juga berdiskusi. 

Nah, berikut ini bakalan saya jabarin beberapa tempat nongkrong favorit para anak-anak muda Purwokerto.

1. Cafe Campus
Tempat Nongkrong di Purwokerto

Tempat pertama yang menjadi favorit nongkrong adalah di Cafe Campus. Cafe campus ini adalah nama dari restaurant Hotel Wisata Niaga Purwokerto yang baru. Saya tidak tahu pastinya kenapa dinamakan cafe campus, mungkin karena letaknya berada di dekat kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Cafe ini belum lama berdiri, mungkin sekitar setahun yang lalu. Cafe campus ini letaknya sangat dekat dengan Kantor Pusat Unsoed.

Keistimewaan Cafe ini menurut saya adalah karena jam operasionalnya yang 24 jam. Di Purwokerto, masih sangat jarang tempat nongkrong yang buka 24 jam, bisa lah dihitung dengan jari. Sehingga saya sebut sebagai salah satu keistimewaan. Selain itu juga, Cafe ini memiliki harga minuman/makanan yang mahasiswa banget. Walaupun tempatnya terlihat eksklusif, tetapi masalah harga masih sangat terjangkau. Cafe ini memiliki banyak menu makanan dan minuman, bahkan buat kalian yang suka dengan beer, di sini mereka menyediakan. Pun dengan harga yang mahasiswa banget.

2. Praketa Kopi
Tempat Nongkrong di Purwokerto

Buat teman-teman yang suka ngopi, Praketa bisa menjadi salah satu tempat yang harus dicoba. Praketa menyediakan tempat yang nyaman untuk ngopi sambil nongkrong atau mengerjakan tugas. Tempat ngopi, biasanya identik dengan asap, orang-orang yang merokok. Tetapi di Praketa ini, teman-teman tidak perlu khawatir karena terdapat smoking area dan non-smoking area. 

Di sini terdapat berbagai macam jenis kopi dari belahan nusantara. Sehingga bagi teman-teman pecinta kopi, Praketa merupakan salah satu surga nya kopi.

Untuk harga, tidak usah khawatir, harga masih mahasiswa banget, karena letak Praketa juga masih di lingkungan kampus Unsoed. Tepatnya disebelah Bank BNI Unsoed, dekat dengan patung kuda. Oh ya, belum lama juga Praketa membuka cabang yang ke-2. Letaknya ada di dekat Stasiun Purwokerto, jadi kalau teman-teman sedang berkunjung ke Purwokerto menggunakan moda transportasi kereta api, bisa banget mampir ke sini. Letaknya ada di sebelah jembatan, arah RS. Ananda Purwokerto.

Tapi sayangnya, tempat ini tidak buka 24 jam.

3. Kopi Kebon
Tempat Nongkrong di Purwokerto

Nah yang ke-3 ini merupakan tempat ngopi yang lagi naik daun. Sebelumnya kopi kebon ini ada di Jl. Dr. Angka, tetapi saat ini Kopi Kebon sudah pindah ke sebelah Smith di Jl. HR. Bunyamin. Menurut beberapa sumber, kopi di sini merupakan kopi terenak yang ada di Purwokerto. Sehingga tidak heran jika tempat ini ramai setiap saat oleh para pecinta kopi.

Keistimewaan tempat ini selain harganya yang mahasiswa banget adalah teman-teman bisa belajar meracik kopinya sendiri. Tapi tentunya ketika ingin meracik kopinya sendiri, melihat keadaan terlebih dahulu, jangan pas sedang ramai-ramainya pesanan. 

Kekurangan dari tempat ini adalah tidak menyediakan space bagi teman-teman yang tidak merokok.

4. Singgah Coffee & Book
Tempat Nongkrong di Purwokerto

Singgah coffee & book ini membuat inovasi tersendiri, disaat yang lainnya hanya menyediakan beraneka macam kopi saja, tempat ini menyajikan kopi dan buku-buku yang bisa dibaca dengan gratis oleh para pengunjung. Jadi buat temen-temen yang hobi dengan membaca dan kopi, pergi ke tempat ini sangat cocok. 

Singgah Coffee&Book ini tidak hanya menyediakan kopi saja, minuman non-kopi juga tersedia di sini buat temen-temen yang tidak suka kopi. Selain itu juga tersedia berbagai macam snack yang bisa menjadi teman ngopi dan membaca/bercengkerama.

Singgah coffee&book ini masih berada disekitaran kampus Unsoed, tepatnya ada di Jl. Riyanto Sumampir yang arah ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto. Teman-teman tidak perlu khawatir untuk harganya, yang pasti masih mahasiswa banget. Di Singgah Coffee&book ini juga tersedia ruangan untuk yang perokok dan bukan perokok. 

Kekurangan dari Singgah coffee&book ini adalah tidak buka 24 jam. 

5. Waroenk Ora Umum 
Tempat Nongkrong di Purwokerto

Waroenk ora umum ini merupakan pioneer tempat nongkrong 24 jam di Purwokerto. Tempat ini menyajikan berbagai macam makanan yang tidak seperti umumnya, misalnya penyajiannya atau ukurannya. Tetapi untuk rasa masih tetap enak.

Waroenk ora umum ini menjadi tujuan bagi teman-teman yang suka kelaperan ditengah malam, atau yang ingin nongkrong bersama teman-teman sampai pagi. Karena di sini, teman-teman bisa bebas bercengkerama tanpa mengganggu warga sekitar dan tanpa batasan waktu.

Waroenk ora umum juga menyediakan berbagai jenis makanan berat/ringan dan berbagai macam minuman dengan harga yang mahasiswa banget karena letaknya juga tidak jauh dari kampus Unsoed, tepatnya di Jl. Dr. Suparno, bawah kampus Biologi.

Tempat ini seakan-akan sudah lengkap, dengan jam operasionalnya yang 24 jam, harga mahasiswa banget, dan tempat mudah untuk dijangkau. Mungkin bagi teman-teman yang tidak suka dengan suasana tempat yang ramai, jangan datang ke sini. Karena di sini pasti akan rame dari pagi sampai pagi lagi.

Nah, demikian beberapa tempat nongkrong di Purwokerto yang rame terus, sebenernya masih banyak lagi tempat nongkrong yang ada di Purwokerto, seperti; Head Quarter, Society, FSA, Warak, dll. Akan panjang banget kalau saya jabarin satu-satu. Jadi, mau nongkrong di mana kamu?

2 komentar:

 
biz.