'

Tuesday, 20 November 2018

Kuliah sambil Kerja? Nih Perhatikan

Kuliah sambil Kerja?


Kuliah sambil Kerja? Nih Perhatikan
Kuliah sambil kerja itu mudah


Sebagian besar pasti menginginkan hal ini, kuliah sambil kerja. Yap. Kuliah sambil kerja bukanlah hal yang salah, sepanjang bisa konsisten dengan keduanya. Alasan untuk kuliah sambil kerja juga bermacam-macam. Ada yang memang ingin meringankan beban orang tua, ada yang ingin mencari kegiatan dan menghasilkan uang, ada yang kerja sambil kuliah karena kepingin uang jajannya lebih sehingga bisa bebas nongkrong-nongkrong atau beli sesuatu, dan ada juga yang tujuannya untuk mencari pengalaman. 

Semua itu tidak salah, semuanya bebas menentukan alasannya untuk kuliah sambil kerja. Inget ya, kuliah sambil kerja, bukan kerja sambil kuliah. Kalau kuliah sambil kerja, berarti dia masih menomor satukan kuliahnya. Tetapi kalau kerja sambil kuliah, berarti tujuan utamanya adalah bekerja, kuliahnya dinomor duakan. Kalau saya si pilih kuliah sambil kerja, karena bagaimanapun tujuan utamanya diawal adalah untuk kuliah, dan bekerja hanyalah tempat untuk menambah uang jajan. Eaaaa~

Tapi perlu diingat teman-teman, untuk memutuskan kuliah sambil kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan. semuanya harus dipikirkan matang-matang. Karena apa? karena jika kamu tidak memikirkan secara matang-matang dan terjebak oleh pemikiran sesaat, kuliah kamu akan terbengkalai pun kerjamu akan terbengkalai. Nah oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum kuliah sambil kerja:

1. Mantapkan Hati

Yap. Kamu perlu memantapkan hati banget, banget, dan banget. Karena kuliah sambil kerja itu bukan hal yang gampang. kamu butuh keteguhan hati, karena di depan pasti kamu akan menemui hambatan, entah kamu malas kerja, kamu malas kuliah, dan juga badan kamu kelelahan karena kuliah sambil bekerja. Untuk memantapkan hati ini, kamu bisa bertanyap-tanya terlebih dahulu kepada teman kamu yang sudah kuliah sambil bekerja. Lebih baik lagi kalau kamu menanyakan ke teman kamu yang kerja di tempat yang ingin kamu tuju sebagai tempat kerjamu. Apakah di sana kerjanya enak? apakah fleksibel jika kamu tiba-tiba ada acara di kampus? cari tau sebanyak-banyaknya sambil kamu memikirkannya. Usahakan jangan hanya bertanya pada satu orang.

Selain itu, kamu juga bisa diskusi dulu bersama kedua orang tua kamu. Karena biar bagaimanapun tujuan utama orang tua kamu pasti ingin kuliah kamu lancar dan segera selesai. Tanyakan pendapatnya tentang kuliah smabil kerja, kira-kira diperbolehkan atau tidak. Biasanya orang tua akan meminta janji kamu terlebih dahulu, bahwa kuliah sambil kerja tidak akan mengganggu kuliahmu.

2. Membagi Waktu

Dengan kamu kuliah sambil bekerja, otomatis waktu belajarmu akan berkurang, waktu bermain kamu juga akan berkurang. Apakah kamu siap? Yang tadinya kamu bisa main sama teman kamu tiap hari dari pagi sampai sore atau bahkan malam, setelah kamu bekerja hal itu akan sangat susah untuk kamu dapatkan. Dan hal ini terkadang akan membuat kamu goyah. Kamu pasti akan berpikiran "Aku capek kerja, kepengin main bareng temen-temen." hilangkan pemikiran itu. Itu adalah konsekuensi yang harus kamu dapatkan untuk melatih kemandirian kamu.

Sebenarnya kamu masih bisa kok main sama teman kamu, misalnya ketika kamu libur, ketika kamu belum berangkat kerja (kalau kerjanya malam), atau sesudah kamu kerja (kalau kerjanya kamu pagi-sore). Semuanya bisa kamu dapatkan. Belajar bisa, kerja bisa, dan bermain juga bisa. Asalkan kamu pandai dalam membagi waktu itu dan disiplin sama pembagian waktu yang sudah kamu buat. Karena dengan kuliah smabil bekerja, berarti kamu punya 2 tanggung jawab, Tanggung jawab untuk belajar kepada bapak/Ibu kmau, dan juga tanggung jawab untuk bekerja kepada atasan kamu. Jangan mentang-mentang kamu mengutamakan kuliah, lantas kamu mengabaikan tanggung jawab kepada atasan kmau. Itu berarti kamu belum tanggung jawab kepada pilihan yang kamu buat.

3. Pilih Tempat Kerja yang Fleksibel

Usahakan kamu bekerja yang paruh waktu jika kamu masih semester 5-7. Atau kamu bisa kerja full time tetapi yang sistem shift jika kamu sudah semester 8 keatas. Saya tidak merekomendasikan kamu yang masih kuliah di semester 1-4 untuk kuliah sambil bekerja. Kenapa? Karena itu kuliah masih padat, dan semester 1-4 adalah waktunya kamu untuk bersosialisasi dengan kehidupan kampus. 

4. Jangan Tergiur dengan Gaji yang Tinggi

Kenapa saya wanti-wanti agar tidak tergiur dengan gaji yang tinggi? karena jika kamu tergiur dengan gaji yang tinggi, pasti kuliah kamu akan terbengkalai. Pasti. Karena gaji yang tinggi pasti menuntut loyalitas yang tinggi juga kepada tempat kamu bekerja, dan nanti ujung-ujungnya kuliah kamu akna terbengkalai. Ingat, tujuan kamu untuk bekerja adalah untuk kuliah sambil bekerja. Jadi tujuan kamu yang utama adalah kuliah, jangan dirubah.

Itulah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Lumayan berat? Memang. Tetapi kalau kamu disiplin dan tanggung jawab sama diri kamu sendiri, semuanya akan berjalan beriringan. Jangan takut untuk kuliah smabil bekerja ya. Kamu pasti bisa!

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.