'

Sunday, 24 December 2017

MC yang baik itu seperti apa?

Kali ini aku mau bagi-bagi info nih tentang MC yang baik itu seperti apa. Mungkin banyak dari kita yang ingin sekali menjadi seorang Master of Ceremony atau yang biasa disebut dengan MC. Karena pekerjaan menjadi MC itu seru, ketemu dengan orang-orang hebat dan terkenal biasanya. Yang pasti si bakalan ketemu dengan guest star dalam suatu acara. Ya iyalaha pasti, masa guest star nya mau ngeMC sendiri hehehe
MC yang baik itu seperti apa?

Selain seru, menjadi seorang MC juga merupakan kesempatan kita untuk dikenal oleh banyak orang, karena kalau menjadi MC biasanya crew-crew yang ada pada acara tersebut pasti akan bekerja sama dengan kita dan menganggap kita sebagai orang yang penting. Nah dari situ kita mulai dikenal banyak orang. Tapi kalo udah dikenal jangan sombong, biar kalo ada event lagi, kamu dipercaya untuk jadi MC lagi. setuju ngga? setuju dooong. Tuh, kurang apalagi coba? Udah enak, seru, dibayar, banyak kenalan, ketemu orang-orang penting, dan lebih enaknya lagi  kita hanya mengandalkan penampilan diri dan keterampilan berbicara saja.

Jadi bagi yang ingin meniti karir sebagai MC, penampilan dan keterampilan berbicara sangat penting selain rasa percaya diri. Lihat saja contohnya MC yang trekenal seperti Daniel Mananta, Boy William, Choky Sitohang. Selain mereka memiliki keterampilan berbicara yang pantas diacungi 4 jempol, mereka juga selalu memperhatikan penampilan mereka. Mungkin di sini ada yang bertanya, apakah menjadi seorang MC itu harus ganteng/cantik? jawabannya adalah NGGAK PERLU. Kalian ngga harus ganteng/cantik, yang terpenting adalah kalian orangnya seru, terampil berbicara dan penampilannya menarik. Udah cukup itu aja. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi MC yang baik:

1. Percaya diri

Percaya diri adalah modal utama. Yakali mau ngomong diatas panggung tapi malah gemeteran pas diatas panggung? Kan amat sangat ngga enak diliat. iya ngga? Iya dooong. Yaiyalahhhh hehe. Memang gemetaran diawal itu pasti si, maksudnya agak nerveous gitu ya. Itu si udah pasti semua orang pasti mengalami hal ini, tetapi itu hanya sebentar saja. Kalau sepanjang acara kalian nerveous, waaaah udah. Bubar aja bubar acaranya. Nggak akan menarik. Karena penonton juga akan merasakan ngga enak jika yang membawakan acara nerveous.

2. Berpenampilan Menarik
kalau kalian bertanya, apakah itu harus? jawabannya YA IYALAH HARUS. Kalau penampilan kalian saja sudah tidak menarik, bagaimana penonton akan impress sama kalian? Iya ngga? Iya doong. Ya iyalahhhhh. Jadi usahakan ketika kalian dipercaya menjadi MC, berpenampilanlah semenarik mungkin. Inget ya, semenarik mungkin bukan berarti mewah. yang penting menarik dan sesuai dengan tema acaranya.

3. Jangan Blocking!
Seringkali hal ini dilakukan oleh banyak MC. Dengan adanya blocking atau membelakangi penonton, itu membuat penonton tidak bisa menyatu dengan kalian. Kenapa? Karena terkesan kalian asyik sendiri dan tidak mau melibatkan penonton dalam keseruan yang kalian ciptakan diatas panggung. Selain itu juga blocking terkesan tidak sopan. Yakali penontonnya didepan kamu ngomongnya ngadep belakang?? Jadi sebisa mungkin hindari blocking.

4. Jangan sampai kehabisan kata-kata.
MC itu kan tugasnya untuk membuat acara heboh, jadi usahakan sebelum masuk ke panggung, pikirkan mau bahas apa apa saja dengan partner MCnya. Sehingga ketika berdiri di depan, tidak banyak diam atau ngomong "e.... e......" itu sangat ngga enak ya. Kalian harus pede aja, bawa seru penonton. Kalau kehabisan kata-kata, cobalah ajak keseruan dengan penonton. Libatkan mereka. Maka acara terkesan ngga garing.

5. Libatkan penonton
Sadar tidak sadar, penonton akan lebih banyak atensinya ketika mereka dilibatkan dalam aksi panggungmu. Jadi jangan sering ngomong sama partnermu sendiri, ajaklah audience (kecuali kalo acara formal). Dengan begitu acara akan menjadi rame, ngga garing dan akan berkesan. Baik untuk kamu, maupun untuk audiencenya juga.

Mungkin itu dulu ya guys hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi MC yang baik. Kalau ada info tambahan, silakan tuliskan dikomentar, oke?

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.