'

Saturday, 23 December 2017

Kuliah Linguistik Penerjemahan UNS, gimana si rasanya?

Holaaa lama ya ngga ngepost. Oke kali ini aku mau ngepost tentang gimana si rasanya kuliah di jurusan linguistik penerjemahan UNS (Universitas Sebelas Maret)
Untuk jurusan Linguistik penerjemahan ini hanya ada di Magister program di UNS ya, jadi kalo S1 nya ngga ada yang khusus. Paling kalo S1 adanya penjurusan dibawah jurusan sastra. Misalnya; Sastra Inggris, Sastra Arab, atau sastra2 lainnya saya pikir ada jurusan penerjemahan. Biasanya dibagi 3 jurusan, ada sastra, linguistik dan penerjemahan.
Kuliah Linguistik Penerjemahan UNS, gimana si rasanya?


Jurusan Penerjemahan di UNS merupakan jurusan Penerjemahan terbaik di Indonesia, kalau tidak percaya boleh disurvey sendiri, hehe. Dan jurusan Penerjemahan ini masih dibawah jurusan Linguistik, tetapi dari semester awal emang mata kuliah kita sudah fokus ke penerjemahan. Jadi jurusan Linguistik ini dibagi 2 jurusan di UNS ini yaitu Linguistik Deskriptif dan Linguistik Penerjemahan.

Apa itu linguistik deskriptif? Linguistik Deskriptif itu sebuah jurusan yang emang fokus ke ilmu linguistik murni, ada phonology, semantik, sosiolinguistik dan sebagainya. Jadi buat yang udah lulus dari jurusan Sastra, lalu ambil jurusan linguistik di S1 nya bisa banget ngelanjutin ke jurusan ini.
Nah yang kedua, ada jurusan Linguistik penerjemahan. Linguistik Penerjemahan pastinya mempelajari tentang ilmu-ilmu penerjemahan, ada tekniknya, kualitasnya, ideologinya dan sebagainya. Selain itu, di sini juga dipelajari ilmu linguistik, karena memang jurusan penerjemahan ini masih berada di bawah jurusan Linguistik. Dan perlu diketahui juga, jurusan ini tidak hanya untuk lulusan sastra inggris kok, sastra arab boleh masuk ke sini, sastra jepang, atau sastra sastra yang lainnya juga boleh masuk ke sini. Kenapa? Ya karena ilmu penerjemahan di sini kita mempelajari tentang teori-teori penerjemahan, dan itu dipakai di semua bahasa. Walaupun memang yang sering buat praktek atau contoh itu dari bahasa inggris-indonesia ataupun sebaliknya. tapi ngga usah khawatir, semuanya bisa belajar pelan-pelan.

Gimana si kuliah di Penerjemahan ini? apakah hanya praktek menerjemahkan saja? Jadi di Linguistik penerjemahan ini kuliahnya bukan melulu praktek menerjemahkan ya, karena di sini orientasi kita bukan untuk menjadi praktisi penerjemahan, tetapi akademisi penerjemahan. Kalau mau jadi praktisi ngga usah ambil S2 juga bisa hehe. iya ga? iya dooong. Jadi di sini diajarin teori-teori tentang ilmu penerjemahan sendiri dan praktek penerjemahan itu sendiri.

Selama satu semester yang sudah aku jalani kuliah di sini, rasanya enak-enak saja. Sekelas hanya ada 15 mahasiswa, jadi kuliahnya fokus karena ngga crowded kaya di S1 dulu yang bisa sampe 40 mahasiswa satu kelasnya. iya kan? iya doong

Selain atmosfer akademiknya yang bagus di UNS ini, untuk biaya hidup di daerah UNS ini juga termasuk murah. Dengan uang 4000 rupiah juga kamu udah bisa kenyang bisa makan ramesan, nasi kucing, kare (baru aku temukan di sini si, di Purwokerto ngga ada) dan Soto. Walaupun harganya terjangkau tetapi cukup bikin kenyang kok. Kalau ngga percaya coba aja ke sini hehe.

Selain itu harga kosan juga masih murah, 200 ribu per bulan bisa, bahkan ada yang satu bulannya 150 ribu dengan kamar kosong. Maksudnya kamar kosong ya tanpa kasur, lemari gitu-gitu. tetapi biasanya kalo dengan harga segini masih bayar listrik dan air lagi, kalau ada wi-fi juga biasanya iuran wi-fi lagi. terjangkau kan? ada juga kamar dengan harga 3.5 juta fasilitas sudah lengkap ada kasur, kamar mandi dalam, lemari. paling cuma tinggal bayar listrik sama wi-fi. Menurutku ini sangat terjangkau.

Biaya kuliah di Linguistik Penerjemahan UNS berapa si? Untuk biaya kuliah di S2 Linguistik Penerjemahan ini sangat terjangkau, dan saya berani jamin ini merupakan harga ter-murah se-Indonesia. Biaya per semesternya, karena usdah UKT jadi hanya sekali mengeluarkan biaya selama satu semester yaitu sebesar 6.5 juta (Tahun 2017). Sangat murah meriah bukan? murah tetapi ngga murahan, hehe

Selain itu pengajar-pengajar di sini juga sudah professor-professor, jadi ngga usah lagi ditanya gimana kualitasnya ya? yang pasti lebih bagus banget dari mahasiswanya. Ya iyalah ya, kan sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Yang paling terkenal untuk jurusan penerjemahan adalah Prof. Nababab. Kalau kamu di S1 ambil skripsi penerjemahan, atau mungkin di S1 dapet materi penerjemahan, pasti akan kenal dengan beliau. Dan kalian akan ketemu dengan beliau di S2 Linguistik Penerjamahan di UNS ini sebagai pengajar kalian langsung. Nahloh kebayang rasanya kuliah diajar oleh pakarnya langsung kan?

Di sini ada yang belum tahu UNS? UNS ini berlokasi di Solo, kepanjangannya Universitas Sebelas Maret. hidup di Solo itu, enak dan seru. Ya, enak makanan-makanannya, murah juga. Seru, karena di sini beragam juga warganya. Selain itu kalian ngga akan bosen hidup di sini, kenapa? Kalau kamu mau nongkrong, santai banyak tempat tongkrongan. Mulai dari yang harganya 4000an sampe 50 ribu juga ada. Mall banyak. Selain mall, Solo juga banyak banget agenda-agenda kebudayaan yang sayang jika mau dilewatin.

Banyak senengnya atau sedihnya kuliah di S2 Linguistik Penerjemahan UNS ini?
Aku jawab, banyak banget senengnya.
Sementara itu dulu ya, kalau ada pertanyaan bisa banget tinggalin komentar saja.

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.